KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

0

Program Studi Proteksi, Jurusan Perlindungan Tanaman, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu pada tanggal 17 November 2018 hari Sabtu, pukul 08.30- 13.00 WIB, melaksanakan pengabdian kepada masyarakat mandiri di Desa Lawang Agung Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma. Kegiatan tersebut dilaksanakan atas permintaan warga Desa Lawang Agung Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma pada tanggal 02 November 2018 mengenai tanaman pangan, pengolahan pupuk organik, dan pelatihan untuk warga dalam bidang pertanian. Dalam kegiatan ini setiap kelompok dari dosen Perlintan memperesentasikan dan praktek mengenai hal-hal yang berhubungan dengan pertanian. Pada kesempatan ini juga dijalin kerja sama penandatangan MOU oleh Ketua Program Studi Proteksi (Dr. Ir. Tunjung Pamekas, M.Sc) dan Kepala Desa Desa Lawang Agung Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma (Firdaus, S.Sos). Di Desa Lawang Agung begitu banyak komoditas pertanain yang dikelolah oleh kelompok tani, seperti pengolahan keripik dari buah pepaya California dengan harga perbungkus yang cukup terjangkau Rp. 5.000 dan pengembangan usaha salai ikan lele dengan harga per kg Rp. 100.000. Kelompok Tani juga mendapatkan bantuan dari Kementerian Pertanian berupa Alat untuk pembuatan pakan ikan dan pembuatan pupuk organik. Antusias dan penyambutan oleh warga desa begitu ramah, diakhir pertemuan diisi makan siang bersama dirumah kepala desa Lawang Agung. Semoga kerja sama ini terus terjalin dengan baik, untuk menambah wawasan baik bagi Program Studi Proteksi Tanaman maupun bagi warga Desa Lawang Agung.

Berikut Nama-nama anggota kelompok pengabdian

kelompok 1  Pengendalian lalat buah pada tanaman hortikultura anggota-anggotanya: Ir. Priyatiningsih , M.Sc (ketua), Yenny Sariasih, SP.M.Sc., Alimansyah, SIP., MPA.

Kelompok 2, Induksi ketahanan tanaman sawit terhadap penyakit BPB, anggota-anggotanya: Dr. Ir. Tunjung Pamekas, M.Sc (Ketua), Prof.Dr.Drs.Teddy Suparno, MS., Dr.Ir.Usman Krisjoko Suharjo,M.Sc.

Kelompok 3, Teknik produksi pelet ikan,anggota-anggotanya: Dr. Sempurna Br. Ginting, M.Si (Ketua), Ir. Tri Sunardi, MP., Yenni Putri Sari, S.Pi.

 

kelompok 4,Produksi pupuk organik plus, anggota-anggotanya: Ir. Nadrawati, MP (Ketua), Ir. Hermansyah, MP, Zul Efendi, S.Pt.

Kelompok 5,Pengolahan Tanaman Pisang,anggota-anggotanya: Ir. Djamilah, MP (Ketua), Ir. Hartal, MP, Ir. Lukman Hidayat, MP.

Kelompok 6, Teknik budidaya Mangot hermetia illucens sabagai pakan ikan alternatif, anggota-anggotanya: Agustin Zarkani, SP., M.Si., Ph.D (Ketua), Dr. Mimi Sutrawati, SP., M.Si., Ir. Bambang Purnomo, MP.

 

Share.

About Author

Leave A Reply