SASARAN DAN STRATEGI PENCAPAIAN

Sasaran

Dalam upaya pencapaian visi, misi dan tujuan Prodi Proteksi Tanaman FP UNIB ditentukan 3 sasaran yang hendak dicapai oleh Prodi Proteksi Tanaman FP UNIB, yakni:

SASARAN 1.   Menghasilkan sarjana pertanian yang memiliki kompetensi tinggi dalam teknologi proteksi tanaman, terutama pada kondisi tropika dan ekosistem pesisir, inovatif, produktif, profesional, memiliki   kepedulian yang tinggi terhadap permasalahan di masyarakat, berjiwa nasional tinggi, dan berwawasan global.

SASARAN 2. Menghasilkan iptek yang dapat menyelesaikan permasalahan proteksi tanaman, terutama kondisi tropika dan ekosistem pesisir, yang dapat didesiminasikan secara lokal, nasional maupun international.

SASARAN  3.  Memiliki jejaring kerja sama yang luas pada lingkup lokal, nasional, dan internasional.

Strategi pencapaian

Untuk mewujudkan tercapainya sasaran tersebut, Prodi Proteksi Tanaman FP UNIB menyusun peta rencana strategis pengembangan jangka panjang yang implementasinya dibagi menjadi 4 periode sebagaimana disajikan pada Gambar 1.2.

PERIODE I. Pemantapan pondasi pengembangan (2010)

Periode ini merupakan langkah awal yang ditempuh melalui analisis dan diagnosis kekuatan, kelemahan, tantangan, dan ancaman guna menghasilkan pijakan yang kokoh dalam merumuskan kebijakan stategis pengembangan.

PERIODE II. Konsolidasi (2011 – 2015)

Periode ini dijadikan sebagai periode penataan berbagai aspek yang diperlukan sebagai langkah awal untuk menghimpun potensi seluruh sumberdaya yang dimiliki untuk dapat berada pada barisan terdepan perguruan tinggi di Sumatera

PERIODE III. Peningkatan (2016-2020)

Periode ini dijadikan tahapan peningkatan mutu sumberdaya yang dimiliki sekaligus mutu output (pendidikan, penelitian dan pengabdian) yang dihasilkan sehingga dapat sejajar dengan perguruan tinggi terkemuka pada lingkup nasional

PERIODE IV. Penguatan (2020-2025)

Periode ini dijadikan sebagai tahapan yang difokuskan untuk menguatkan sumberdaya-sumberdaya potensial agar mampu bersaing dalam kancah internasional.